Surat pengantar adalah surat resmi yang dikeluarkan instansi, organisasi, atau lembaga tertentu untuk memberikan informasi penting kepada pihak tertentu. Surat ini bisa berupa surat pengantar dokumen, surat pengantar RT dan RW, surat pengantar kerja, surat pengantar proposal, dan lain-lain.

Surat pengantar merupakan salah satu surat yang dibuat secara resmi yang sangat penting dalam hubungan antar instansi. Surat ini berisi tentang suatu informasi bahwa orang yang membawa surat tersebut telah diberi tugas tertentu dan disetujui oleh pihak yang telah bertanggung jawab atas isi surat

Fungsi penting dari surat pengantar. Diantaranya yaitu sebagai formalitas dan kesopanan dalam lingkup keadministrasian, menjadi pintu pembuka saat akan memperoleh surat resmi, dan menjadi sarana yang dapat meyakinkan instansi serta menjadi sarana memberitahu maksud dan tujuan pengirim surat pihak yang dituju.

Legalisir adalah proses pembubuhan cap stempel dan tanda tangan oleh pihak berwenang pada lembar fotokopi.

Jadi dokumen legalisir adalah lembar fotokopi yang telah diberikan cap stempel oleh pihak berwenang dan di atas cap stempel tersebut diberikan tanda tangan sehingga keaslian lembar fotokopi tersebut bisa divalidasi.

Fungsi utama dari legalisir yaitu agar lembar fotokopi yang kita miliki keasliannya bisa divalidasi karena sudah tertera cap stempel dan tanda tangan dari organisasi atau pihak terkait. Dokumen yang dilegalisir banyak digunakan untuk berbagai keperluan yang biasanya berhubungan dengan urusan administrasi.

  1. SOP Surat Pengantar Pengurusan Akte Kelahiran klik disini
  2. SOP Surat Pengantar Penerbitan SKCK klik disini
  3. SOP Layanan Legalisasi Dokumen dan Surat Keterangan klik disini
  4. SOP Legalisasi Surat Pernyataan Ahli Waris klik disini
  5. SOP Surat Keterangan Pindah Domisili (antar Kabupaten) klik disini
  6. SOP Surat Keterangan Pindah Domisili (antar Kecamatan) klik disini
  7. SOP Surat Keterangan Tidak Mampu klik disini