TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PEJABAT PENGELOLA

INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) PEMBANTU

KECAMATAN KEBAKKRAMAT

 

  1. Atasan PPID Pembantu, bertugas :
    1. Mengkoordinasikan seluruh kegiatan pelayanan informasi publik di lingkungan Kecamatan Kebakkramat;
    2. Menerima pengajuan keberatan yang disampaikan secara tertulis oleh pemohon informasi publik serta mengikuti proses atas sengketa informasi yang diajukan oleh pihak pemohon;
    3. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan informasi publik.
  1. PPID Pembantu, bertugas :
    1. Pengklasifikasian informasi yang terdiri dari :
      • Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
      • Informasi yang diumumkan secara serta merta;
      • Informasi yang wajib tersedia setiap saat;
      • Informasi yang dikecualikan.
    2. Memberikan tanggapan atas permintaan informasi publik yang diajukan oleh pemohon informasi publik;
    3. Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya;
    4. Mengkoordinasikan pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi yang ada di lingkungannya kepada publik;
    5. Melakukan verifikasi bahan informasi publik yang ada di lingkungannya;
    6. Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya;
    7. Menyediakan informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya untuk diakses oleh publik;
    8. Melakukan inventarisasi informasi yang dikecualikan untuk disampaikan kepada PPID Utama;
    9. Memberikan laporan tentang pengelolaan informasi yang ada di lingkungannya kepada PPID Utama secara berkala.

PPID Pembantu bertanggungjawab mengkoordinasikan pelayanan informasi publik yang meliputi proses pengolahan data, pendokumentasian, penyediaan, pelayanan dan pengelolaan informasi publik di Kecamatan Kebakkramat yang dapat diakses oleh publik.

Dalam melaksanakan tugas, tanggungjawab dan wewenangnya, pejabat pengelola informasi dan dokumentasi pembantu bertanggungjawab kepada atasan PPID Pembantu.

  1. Sekretaris, bertugas :
    1. Memfasilitasi pelaksanaan pelayanan informasi publik melalui sarana dan prasarana penyelenggaraan pelayanan informasi;
    2. Membantu PPID Pembantu dalam menyusun standar prosedur operasional layanan informasi publik
  1. Bidang Pengolahan Data dan Dokumentasi Informasi, bertugas :
    1. Membantu PPID Pembantu dalam proses penyusunan daftar informasi publik;
    2. Menjamin pemenuhan hak warga negara untuk memperoleh akses informasi publik;
    3. Menetapkan dan memutakhirkan secara berkala daftar informasi publik atas seluruh informasi publik yang dikelola;
    4. Menyiapkan informasi publik untuk diakses oleh publik;
    5. Membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi;
    6. Pelaksanaan perencanaan program pengolahan Informasi;
    7. Pelaksanaan perencanaan program di bidang dokumentasi informasi;
    8. Memutakhirkan secara berkala daftar informasi publik;
    9. Menetapkan klasifikasi informasi yang diajukan pemohon informasi
    10. Pengelolaan dokumen/arsip informasi publik;
    11. Melaksanakan proses penyimpanan, dan pendokumentasian arsip pelayanan informasi publik.
  1. Bidang Pelayanan dan Pengelolaan Informasi, bertugas :
    1. Menyiapkan dan membangun fasilitas layanan bidang informasi publik;
    2. Melaksanakan pelayanan informasi publik kepada pemohon informasi publik;
    3. Menyiapkan sistem pelayanan dan pengelolaan informasi publik;
    4. Mencatat permohonan informasi publik dalam register permohonan;
    5. Penyediaan informasi dalam rangka pelayanan informasi publik;
    6. Membuat dan mengumumkan laporan tentang pelayanan informasi publik;
    7. Penyampaian dan pemeliharaan informasi publik.
  1. Bidang Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa, bertugas :
    1. Memberikan masukan  kepada  Atasan  PPID  Pembantu  dengan  adanya keberatan yang diajukan oleh pemohon informasi publik;
    2. Memeriksa dan  melakukan  verifikasi  permohonan  keberatan  informasi publik;
    3. Membantu dalam   proses   pengujian   dan   pengklasifikasian   serta   uji konsekuensi informasi publik;
    4. Membantu menyelesaikan sengketa informasi publik
  • Keputusan Camat Kebakkramat tentang Penunjukkan PPID Pelaksana Kecamatan Kebakkramat Tahun 2022 unduh disini
  • Keputusan Camat Kebakkramat tentang Daftar Informasi Publik (DIP) Kecamatan Kebakkramat Tahun 2022 unduh disini
  • Daftar Informasi Publik Kecamatan Kebakkramat Tahun 2022 unduh disini